Kenapa Internet saya putus?
Di kantor biasanya jaringan yang dipakai adalah broadband atau speedy, sehingga internet didistribusikan terpusat melalui server atau router ke seluruh jaringan/network yang ada di kantor kita.
Untuk itu, bila kita mengalami masalah dengan internet, pastikan dulu bahwa Anda terhubung dengan jaringan/network Anda. Jadi, apabila Anda bermasalah dengan jaringan atau tidak terhubung dengan jaringan, maka sudah pasti Anda pun tidak akan mendapat akses ke internet.
Yang perlu Anda lakukan.
Yakinkan dulu bahwa di ruangan atau komputer tersebut memang diberi akses internet.
Hal ini dikarenakan memang ada beberapa divisi yang atas pertimbangan masalah keamanan, sengaja tidak diberi akses internet.
- Cobalah periksa status NIC Anda
Periksalah status NIC (Network Interface Card) Anda. NIC ini biasa juga disebut Ethernet Card atau LAN Card.
Caranya adalah dengan masuk ke Control Panel, lalu Pilih Network Connections.
Pastikan statusnya Enabled dan tidak ada silang merahnya. Apabila status disable, maka tinggal di klik kanan lalu Enable. Sedangkan apabila ada silang merah, maka berarti ada problem dengan hardware, atau kabel LAN-nya. Pastikan LAN Card tidak disable dan tidak tercentang merah.
Setelah itu, coba klik kanan pada LAN Connection yang ada lalu pilih Property.
Klik ganda pada icon Internet Protocol (TCP/IP)
Tampilan harus seperti ini. Artinya, semua tidak didefinisikan tapi didapat (obtain) dari server atau router. Karena umumnya setiap server atau router menggunakan sistem DHCP (Dynamic Host Control Protocol), sehingga semua PC dalam jaringan mendapat IP yang di broadcast atau disebar oleh server atau router dalam jaringan tersebut. - Pastikan Anda terhubung dengan Server/Router Anda
Setelah beberapa hal di atas diperiksa, seharusnya Anda tidak punya masalah dengan jaringan Anda. Tapi sekedar memastikan, cobalah lakukan beberapa langkah di bawah ini.
Masuklah ke Command Prompt. Di Start – All Programs – Accessories – Command Prompt.
Ketikkan : ipconfig/all
Pastikan bahwa IP Address yang tampil, bukan berawalan 169. Karena apabila berawalan 169 berarti, Anda tidak terhubung dengan server, atau komputer Anda gagal mendapat IP yang di broadcast oleh Server/Router pada jaringan tersebut. Coba juga periksa server/router Anda, apakah kondisinya mati atau ada kabel yang terlepas. Lebih baik juga apabila bisa dicek pada komputer lain, apakah memiliki problem yang sama, untuk memastikan dimana letak problem tersebut.
Untuk pastinya cobalah untuk melakukan tes ke Server/Router dengan melakukan ‘ping’ ke gateway.
Caranya adalah dari command prompt ketikkan : ‘ping 192.168.7.1’. Nomor gateway ini sesuai dengancontoh di atas, untuk dijaringan Anda pastikan dengan melihat angka yang tertera pada saat Anda melakukan perintah ‘ipconfig/all’ seperti langkah sebelumnya.
Apabila hasilnya seperti gambar diatas, berarti tidak ada masalah dengan server/router, atau artinya komputer Anda terhubung dengan baik ke server/router.
Sampai disini seharusnya Anda sudah bisa terhubung dengan Internet. Cobalah buka browser Anda, apakah bisa menampilkan halaman website. Apabila masih tidak bisa, cobalah juga untuk membuka halaman website lokal saja, karena terkadang ada beberapa saat dimana internet di Indonesia mengalami masalah uplink ke luar negeri, sehingga hanya website lokal dalam negeri saja yang bisa diakses. Apabila masih belum bisa juga, silakan meminta bagian IT Anda untuk memeriksa koneksi internet di kantor, karena bisa dipastikan, masalah bukan di komputer Anda.
By DWI ANDI
Jkt IT- March 17, 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar